Pengertian Siswa Menurut Para Ahli

Siswa atau pelajar merupakan individu yang sedang belajar di sebuah institusi pendidikan. Istilah siswa sering dikaitkan dengan anak-anak atau remaja yang belajar di sekolah, namun sebenarnya pengertian siswa tidak hanya terbatas pada kelompok usia tersebut. Ada beberapa pengertian siswa menurut para ahli yang akan dibahas dalam artikel ini.

1. Pengertian Siswa Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut KBBI, siswa adalah seorang murid atau pelajar. Pengertian siswa ini sangat sederhana dan tidak memberikan penjelasan yang detail tentang karakteristik atau ciri-ciri siswa.

2. Pengertian Siswa Menurut Para Ahli Pendidikan

Para ahli pendidikan mengartikan siswa sebagai individu yang sedang belajar dan mendapat bimbingan dari guru di sebuah institusi pendidikan. Siswa merupakan pihak yang harus menerima pengajaran dari guru dan melaksanakan tugas-tugas belajar yang telah ditentukan.

3. Pengertian Siswa Menurut Psikologi

Dalam psikologi, siswa diartikan sebagai individu yang sedang dalam proses belajar dan berkembang. Siswa memiliki potensi untuk berkembang dan mencapai prestasi yang tinggi melalui interaksi dengan lingkungan dan bimbingan dari guru.

4. Ciri-ciri Siswa Berdasarkan Tahapan Perkembangan

Berdasarkan tahapan perkembangannya, siswa dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori dengan ciri-ciri yang berbeda-beda. Tahapan perkembangan tersebut antara lain:

a. Siswa pada Tahap Anak Usia Dini

Pada tahap ini, siswa berusia antara 0-6 tahun dan sedang dalam proses perkembangan fisik, motorik, bahasa, dan kognitif. Ciri-ciri siswa pada tahap ini antara lain mudah bosan, ingin tahu, penasaran, suka meniru, dan senang bermain.

b. Siswa pada Tahap Sekolah Dasar

Pada tahap ini, siswa berusia antara 6-12 tahun dan sedang dalam proses belajar membaca, menulis, dan berhitung. Ciri-ciri siswa pada tahap ini antara lain aktif, suka bermain, mudah bosan, dan penasaran.

c. Siswa pada Tahap Remaja

Pada tahap ini, siswa berusia antara 12-18 tahun dan sedang dalam proses mengalami perubahan fisik dan psikologis yang signifikan. Ciri-ciri siswa pada tahap ini antara lain mencari identitas diri, ingin mandiri, suka berteman, dan senang mencoba hal baru.

5. Peran Siswa dalam Proses Pendidikan

Siswa memiliki peran yang sangat penting dalam proses pendidikan. Beberapa peran siswa dalam proses pendidikan antara lain:

a. Sebagai Pelaku Pembelajaran

Siswa sebagai pelaku pembelajaran harus aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, mengajukan pertanyaan, dan memperdalam


b. Sebagai Penerima Informasi dan Pengetahuan

Siswa juga berperan sebagai penerima informasi dan pengetahuan dari guru atau institusi pendidikan. Mereka harus memperhatikan dan memahami setiap materi yang diberikan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya.

c. Sebagai Pihak yang Mengaplikasikan Pengetahuan

Siswa juga harus mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat dilakukan melalui penerapan dalam berbagai situasi nyata, baik dalam lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

6. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Siswa

Perkembangan siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor yang berasal dari dalam diri siswa maupun faktor eksternal yang berasal dari lingkungan. Beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan siswa antara lain:

a. Faktor Internal

Faktor internal atau faktor yang berasal dari dalam diri siswa seperti bakat, minat, kepribadian, dan kemampuan berpikir dapat mempengaruhi perkembangan siswa. Setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga pengajaran dan pembelajaran harus disesuaikan dengan karakteristik siswa.

b. Faktor Eksternal

Faktor eksternal atau faktor yang berasal dari lingkungan seperti keluarga, teman, media sosial, dan institusi pendidikan juga dapat mempengaruhi perkembangan siswa. Lingkungan yang positif dan mendukung akan berdampak positif pada perkembangan siswa.

7. Kesimpulan

Siswa adalah individu yang sedang belajar dan berkembang di sebuah institusi pendidikan. Pengertian siswa menurut para ahli meliputi pengertian sederhana seperti yang terdapat pada KBBI hingga pengertian yang lebih luas dari segi psikologis dan pendidikan. Siswa memiliki peran penting dalam proses pendidikan dan perkembangannya dipengaruhi oleh berbagai faktor internal maupun eksternal.

FAQs

  1. Apa yang dimaksud dengan siswa?
    Siswa adalah individu yang sedang belajar di sebuah institusi pendidikan.

  2. Apa peran siswa dalam proses pendidikan?
    Siswa memiliki peran penting dalam proses pendidikan sebagai pelaku pembelajaran, penerima informasi dan pengetahuan, serta pihak yang mengaplikasikan pengetahuan.

  3. Bagaimana faktor internal mempengaruhi perkembangan siswa?
    Faktor internal seperti bakat, minat, kepribadian, dan kemampuan berpikir dapat mempengaruhi perkembangan siswa.

  4. Apa saja tahapan perkembangan siswa?
    Tahapan perkembangan siswa antara lain anak usia dini, sekolah dasar, dan remaja.

  5. Bagaimana faktor eksternal mempengaruhi perkembangan siswa?
    Faktor eksternal seperti keluarga, teman, media sosial, dan institusi pendidikan juga dapat memmengaruhi perkembangan siswa. Lingkungan yang positif dan mendukung akan berdampak positif pada perkembangan siswa.

Comments

Popular posts from this blog

Kinerja Keuangan Adalah